RSUD : Staf yang Ada Riwayat Kontak di Istirahatkan

Direktur RSUD Dabo, dr. Bukit Gultom

Singkeponline.com (Berita Lingga)-Puluhan tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo yang memiliki riwayat kontak dengan pasien Positif COVID-19 asal Dabo Singkep di istirahatkan sementara.

“Yang jelas petugas kita istirahatkan dulu sesuai riwayat kontak mereka terakhir (dengan pasien Positif COVID-19),” Kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Dabo. dr. Bukit Gultom, saat di konfirmasi media ini, Selasa (02/06/2020).

Ditambahkannya, sampai saat ini ada puluhan petugas rumah sakit yang diistirahatkan sementara di beberapa tempat dan juga dirumah.

“Semua ada 27 petugas, ada yang di istirahatkan dirumah, ada juga yang di pagoda (ruang isolasi) ada juga di mess dokter,” tambahnya.

Terkait dengan adanya staf rumah sakit yang di istirahatkan bukan di rumahnya, kata Direktur RSUD Dabo ini karena kondisi yang tidak memungkinkan.

“Kondisi rumah mereka tidak memungkinkan untuk di istirahatkan disana, jadi kita pergunakan mess dokter, ada 8-9 orang, yang di Pagoda 3 orang ,” jelasnya.

Ditambahkannya, mereka staf rumah sakit ini bukan di isolasi seperti pasien COVID-19. Berapa lama di istirahatkan di hitung sejak kapan kontak terakhir antara staf RS dengan pasien sampai 10 sampai 14 hari kedepan.

“Ada yang sampai Rabu ini, Kamis sudah masuk. Ada juga yang besok sudah masuk kerja lagi, bervariasi. Hitungannya itu, kontak-kontak terakhir dengan pasien,” jelasnya lagi.

Dilanjutkannya lagi, upaya ini dilakukan adalah semata-mata untuk kenyamanan dan ketenangan dalam menjalankan pelayanan di RSUD Dabo.

“Selain itu kita juga melihat perkembangan kondisi/gejala yang timbul pada mereka selama 14 hari setelah kontak terakhir dengan pasien tersebut,” tutupnya seraya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti aturan pemerintah, Pakai masker jika keluar rumah, social distancing, menghindari kerumunan serta sering cuci tangan dengan air mengalir.

“Kita mulai dari diri kita sendiri, untuk menghadapi era new normal lifestyle,” ucapnya mengakhiri.(J)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *