BTKL Batam Besok Ambil Sampel Swab Puluhan OTG di Dabo

Pelaksanaan Screning pada orang yang kontak langsung di RSUD Dabo oleh tim gugus COVID-19 Lingga kemarin.

Singkeponline.com (Berita Lingga)-Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Batam berencana akan mengambil sampel Swab puluhan warga Kabupaten Lingga di Dabo Singkep. Hal ini dilakukan pasca adanya kasus positif COVID-19, pasien rujukan dari RSUD Dabo yang meninggal di Batam kemarin.

Kepastian kedatangan tim BTKL Batam ini disampaikan oleh juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Lingga Wirawan Trisna Putra saat di konfirmasi infolingga.net, Senin (01/06/2020).

“Besok Tim Balai Teknik Kesehatan Lingkungan(BTKL) Batam baru datang (ke Dabo), mereka ini adalah sebagai rujukan tempat pemeriksaan Swab wilayah Kepri,” kata Wirawan.

Dijelaskan, tim BTKL ini hanya akan akan mengambil sempel Swab saja, kemudian kepastian hasilnya tetap menunggu hasil Laboratorium di Batam.

“Iya di sini tim ambil sampel saja, sempelnya tetap dikirim ke Batam karena labornya di Batam,” jelasnya lagi.

Sampai saat ini menurut Wirawan, sebanyak 43 Orang Tanpa Gejala (OTG) sudah terdaftar yang akan di ambil sampel swab oleh tim BTKL. Sementara untuk hasil dibutuhkan beberapa hari setelah pengambilan sempel.

“Pengambilan sempel Swab butuh 2 hari disini, terus mereka bawa sampel pulang ke Batam. Disana butuh waktu maksimal 3 hari, jadi lebih kurang sekitar 6 hari dari sekaranglah baru bisa tahu hasilnya,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi pengendalian penyakit menular di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga ini.(J)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *