Sawah Desa Lanjut Kembali Panen, Hasilkan Gabah 4,4 Ton

Panen ke-2 Demplot padi ini dengan sistem Inovasi Tugal Jarwo 4:1 Varietas Inpago Unsoed 1

Singkeponline.com- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Lingga kembali melakukan panen raya untuk ke-2 kalinya di persawahan Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kab. Lingga, Selasa (28/01/2020).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Lingga, Siswadi, A.Ks., melalui kabid pertanian, Hernowo Andriantono, S.P, pada infolingga.net mengatakan, “Alhamdulillah, pada panen yang kedua kali ini, jumlah gabah basah yang dihasilkan sebanyak 4,4 ton, dengan luas tanam sekitar 1 hektar,” ungkapnya.

“Panen ke-2 Demplot padi ini dengan sistem Inovasi Tugal Jarwo 4:1 Varietas padi Inpago Unsoed 1”, terang Hernowo.

Hernowo menjelaskan, “Panen ke-2 padi persawahan di Desa Lanjut ini dilaksanakan 2 tahap. Untuk tahap pertama menggunakan bantuan alat panen modifikasi mesin rumput untuk pemotongan padi agar lebih cepat, sedangkan tahap kedua percobaan menggunakan mesin combine.”

Adapun dengan mesin combine ini, proses panen lebih mudah dan lebih efisien.

Hernowo berharap panen kali ini dapat memotivasi petani sawah desa lanjut agar tetap semangat dan terus menanam padi karena lahan sudah terbuka.

“Harapannya para petani termotivasi untuk terus bercocok tanam, apalagi saat ini kita telah didukung dengan teknologi modern, mulai dari penanaman hingga pemanenan”, harap Hernowo.

Kegiatan panen dihadiri oleh Asisten II Pemkab. Lingga, Yusrizal, SH., Kabid Pertanian dan Kabid Ketahanan Pangan DPKP Lingga, Sekcam Singkep Pesisir, Aparat Desa Lanjut, Petugas Pendamping dan penyuluh  persawahan Desa Lanjut, Babinsa desa Lanjut, Babinkamtibmas, petani Desa Lanjut serta masyarakat desa Lanjut.(Ds)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *