DPMD Kab. Lingga Gelar Lomba Inovasi TTG

Singkeponline.com-Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar kegiatan acara Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diresmikan oleh Asisten II Yusrizal, S.H di Gedung Nasional Dabo Singkep, Senin malam (28/04/19).

Dalam sambutannya Bupati Lingga yang diwakili oleh Asisten II bagian ekonomi dan pembangunan di Sekda Lingga Yusrizal mengatakan meski pun Kabupaten Lingga memiliki kekurangan dalam teknologi, namun ia menyakini keterbatasan yang dimiliki Lingga akan muncul karya-karya teknologi kreatif serta inovatif yang murah meriah namun tetap bermanfaat.

“Saya sangat menganjurkan bagi masyarakat Kabupaten Lingga untuk terus berbuat inovasi sesuai kemampuan, intinya selagi kita masih bernafas, jangan malas untuk berkarya dan menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat bagi orang banyak,” ujar Yusrizal saat menyampaikan kata sambutan Bupati Lingga.

Tidak sampai disitu, Bupati Lingga juga menghimbau kepada seluruh guru se-Kabupaten Lingga untuk berperan aktif membangun, membentuk dan memotifasi siswa dan siswinya, agar berfikir kreatif dalam melakukan inovasi-inovasi ringan dalam berbagai macam bidang, untuk menggali karya-karya yang muhtahir.

“Saya berharap kepada para guru untuk berperan aktif membentuk kreatif muridnya dalam inovasi-inovasi teknologi tepat guna, sebab motifasi yang guru berikan kepada siswa dan siswi akan memberikan semangat atau gairah untuk selalu berkarya tiada henti,” Ucapnya.

Selain itu, kegiatan TTG ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang mengangkat tema, dengan lomba inovasi teknologi tepat guna, “Kita bangun desa yang inovatif menuju Lingga terbilang 2020.”

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Lingga Dodi Suhendra mengatakan tujuan dari kegiatan ini ialah menumbuh kembangkan ide ide teknologi tepat guna yang terdapat dimasyarakat, menjaring hasil teknologi tepat guna yang dapat memacu percepatan berkembangan usaha ekonomi di masyarakat serta memulihkan motivasi semangat kepada para penemu di bidang TTG, baik itu dari masyarakat, pelajar, mahasiswa, akedemisi, guru, instansi maupun swasta.

Dodi juga menjelaskan kegiatan TTG ini diikuti tujuh puluh satu orang dengan judul TTG empat puluh dua judul, namun setelah diseleksi, peserta yang mengikuti lomba TTG ini berjumlah, lima puluh dua orang dengan judul TTG sebanyak tiga puluh dua judul, dari berbagai sekolah, dan masyarakat umum yang berada di Kabupaten Lingga.

“Alhamdulilah selama Kabupaten Lingga berpartisipasi dalam ajang teknologi tepat guna, kita perna masuk ke tingkat nasional dari beberapa kali lomba yang kita ikuti, khususnya di tingkat pelajar,” Ucap Dodi.

Diketahui, yang hadir dalam pembukaan lomba Teknlogi Tepat Guna 2019 Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri Rosita Rahmi, S.E, Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (LIPI) Arie Sudaryanto serta seluruh peserta TTG.(ded)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *