Persiapan Pilkada 2024 : Bawaslu Lingga Gelar Bimbingan Teknis untuk Panwascam dan PKD se-Kabupaten Lingga

(foto:ist)

Singkeponline.com – Dalam Rangka menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lingga menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang melibatkan ratusan pengawas pemilu.

 

Acara ini berlangsung di ruang pertemuan Sakura Hotel Dabo Singkep dari Kamis malam (12/09/2024) hingga Sabtu malam (14/09/2024), dengan dihadiri oleh 39 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan 84 Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Lingga.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga, Fidya Asrina, menegaskan bahwa Bimtek ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kapasitas kelembagaan Bawaslu dan mempersiapkan pengawas menghadapi tantangan Pilkada 2024.

 

“Kegiatan ini sangat penting karena kita sudah memasuki tahapan Pilkada. Bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada pengawas, mulai dari tingkat desa hingga kecamatan, agar siap menjalankan pengawasan Pilkada 2024 mendatang,” ujar Fidya kepada awak media. Kamis, (12/09/2024).

 

Fidya juga menyebutkan pentingnya kesiapan para pengawas dalam menghadapi tahapan-tahapan krusial, termasuk penetapan calon pada 25 September dan awal kampanye.

 

“Kita sudah memasuki tahapan krusial. Sebentar lagi, pada tanggal 25, sudah masuk tahapan kampanye. Maka dari itu, pengawas harus siap untuk mengawasi tahapan ini, termasuk logistik dan hari pemungutan suara,” tambahnya.

 

Bimtek ini juga berfokus pada penguatan pengawasan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan persiapan tahapan pemilihan lainnya.

 

Bawaslu Kabupaten Lingga berharap, melalui kegiatan ini, seluruh pengawas dapat melaksanakan tugas mereka dengan optimal, menjaga integritas Pilkada 2024, dan memastikan pemilihan berlangsung jujur, adil, serta transparan.(Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *