Belasan Tahun Kambing Berkeliaran di Benan, Acai : Sudah Aman, Ditertibkan Oleh Pak Camat

Singkeponline.com (Berita Lingga)-Desa Benan, Kecamatan Katang Bidare sudah belasan tahun mengalami suasana yang kurang kondusif, bukan karena hal-hal yang bersifat kriminalitas, melainkan ratusan ekor kambing yang berkeliaran di desa tersebut.

Situasi tersebut telah berlangsung selama belasan tahun, namun baru bisa ditertibkan semenjak Kec. Katang Bidare berdiri. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga Desa Benan bernama Acai (47) tahun.

Acai menuturkan, “sudah belasan tahun kambing-kambing disini berkeliaran, dan itu sangat menggangu, mulai dari binatang tersebut suka memakan tanaman yang ada di kebun-kebun warga hingga sampai kotorannya yang berserakan dimana-mana”, tutur Acai.

Acai merupakan warga Asli Desa Benan, dan aktivitasnya sehari-hari membuka usaha rumah makan yang berlokasi di pelabuhan Desa Benan.

“Biasanya setiap hari saya harus menghalau kambing-kambing yang berkeliaran tersebut, bahkan setiap hari juga saya harus membersihkan kotorannya di warung makan saya. Warga lainnya juga melakukan hal yang sama”, jelas Acai.

Acai juga mengungkapkan bahwa kambing-kambing tersebut bukanlah hewan yang tidak memiliki tuan, namun tuan kambingnya yang tidak perduli dengan hewan peliharaannya.

“Kami sudah mencoba beberapa kali untuk menertibkan kambing-kambing tersebut, mulai dari musyawarah bersama tingkat RT, RW sampai ke tingkat desa, namun tidak pernah menemukan jalan keluar, karena tuan pemilik kambing tersebut tidak mengindahkan hasil musyawarah yang kami lakukan beberapa kali tersebut”, ungkapnya.

Selain itu, terkadang kami juga merasa malu, sebab kita tahu bahwa desa Benan merupakan desa wisata di Kabupaten Lingga, banyak turis-turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke desa ini, tapi dengan kondisi dan suasana pantai yang berserakan dengan kotoran kambing serta ditambah kambing-kambing tersebut senantiasa berkeliaran di lokasi wisata membuat kami menjadi malu dan segan dengan para wisatawan tersebut.

Tapi, Acai melanjutkan, kami bersyukur, semenjak Kec. Katang Bidare ini berdiri, dan camatnya pak Safaruddin ini, “kondisinya sekarang sudah aman, ditertibkan oleh Camat tersebut.

“Sekarang, kambing-kambing tersebut sama sekali tak pernah nampak berkeliaran di sekitar rumah-rumah warga lagi, otomatis kotorannya juga tidak ada berserakan dimana-mana lagi, hal ini dikarenakan sebagian kambing tersebut sudah dipelihara dan dirawat dengan dibuatkan kandang oleh peternaknya”, terang Acai lagi.

Sementara itu, Camat Katang Bidare, Safaruddin mengungkapkan, “memang, sudah belasan tahun kambing berkeliaran di Pulau Benan ini. Namun kami telah menertibkannya, Alhamdulillah pada tahun 2020 ini clear sudah ditertibkan semuanya. Ini semua berkat masyarakat Benan untuk menjaga lingkungannya agar lebih baik sebagai daerah tujuan wisata”, ungkap Safar.

Penulis : C.A

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *